Insomnia Jenis Apakah Kamu ?

Insomnia adalah ketidakmampuan tubuh untukmemperoleh kualitas atau jumlah jam tidur yang memadai. Ada 8 jenis insomnia,apakah Anda termasuk di dalamnya?

Selama ini kita hanya mengenal 2 jenis  insomnia yang paling umum, yaitu insomnia sementara adalah jenis insomnia yang biasanya hanya berlangsung beberapa hari.

 Satu lagi insomnia kronis yang berlangsung lebih dari tiga minggu dan bisa meningkatkan risiko cedera di rumah, tempat kerja atau saat mengemudi karena konsentrasi menurun dan dapat menyebabkan depresi.

Seperti dilansir dari Health24, berikut ini ada 8 jenis insomnia dengan penyebab yang berbeda-beda:

 1. Insomnia diakibatkan penggunaan obat-obatan yang terkait di dalamnya, tetapi insomnia ini juga bisaterjadi apabila Anda berhenti menggunakan obat atau bahan tersebut:

-alkohol
-makanan tertentu
-obat-obatan
-kafein

2. Perilaku insomnia anak terjadi jika relatif tak memiliki jam tidur yang spesifik. Jika anak-anak tidak diberikan jam tidur yangkonsisten, anak-anak akan tetap terbangun selama berjam-jam di malam hari danmembentuk pola perilaku yang bisa berlangsung lama.

3. Insomnia jangka pendek atau insomnia akutbiasanya berasal dari stres. Insomnia ini seharusnya berhenti ketika stresnya hilang atau setelah penderita mampu beradaptasi dengan stres. Namun stres ini tidak selalu menghasilkanpengalaman negatif, justru terkadang karena pengalaman yang menyenangkan atauperubahan besar.

 4. Insomnia karena kondisi medis merupakan gejala gangguan kesehatan mental. Namun insomnia ini baru dianggap gangguanhanya jika kondisinya cukup parah sehingga memerlukan pengobatan yang terpisah.

 5. Insomnia idiopatik adalah gangguan tidur seumur hidup yang dimulai sejak bayi atau masa kanak-kanak dan berlanjut kemasa dewasa. Insomnia ini tidak memiliki penyebab yangjelas namun bukan merupakan hasil dari salah satu kondisi berikut:
  • Gangguan tidur lainnya
  • Masalah kesehatan
  • Gangguan psikiatri
  • Kejadian yang menimbulkan stres
  • Penggunaan obat
  • Perilaku lainnya
Insomnia ini bisa saja disebabkan adanya ketidakseimbangan tubuh Anda seperti sistem tidur kurang aktif ataupun sistemyang bertugas membangunkan Anda dari tidur bekerja terlalu aktif, tetapi penyebab sebenarnya dari gangguan tersebut masih belum jelas.

 6. Insomnia organik adalah jenis insomnia yang belum bisa dispesifikasi akibat paparan zat, gangguan medis atau kondisi fisiknamun penyebabnya masih belum jelas. Mungkin nama ini hanya akan digunakan untuksementara sembari menunggu hasil uji coba dan evaluasi lebih lanjut.

7. Insomnia psikofisiologis dikaitkan dengan rasa khawatir yang berlebihan hingga tak bisa tidur. Gangguan tersebut dapat mulai muncul secaratiba-tiba setelah suatu kejadian atau berkembang secara perlahan selamabertahun-tahun. Penderita gangguan tidur ini merasa khawatir berlebihan terhadap insomnia yang dideritanya hingga mengalami kelelahan padahari berikutnya. Justru karena penderita insomnia ini terlalu memikirkanhal-hal yang berkaitan dengan insomnia agar tertidur, namun kenyataannya penderita tak bisa tidur sama sekali.

8. Insomnia paradoks adalah keluhan insomniayang parah. Hal ini terjadi tanpa adanya bukti obyektif tentang gangguan tidur. Orang dengan gangguan ini sering mengak usedikit tidur atau bahkan tidur sama sekali selama semalam atau lebih. Terkadang penderita juga merasa memiliki kesadaran yang kuat terhadap lingkungan atau mudah terjaga, marah dan terlalu bergairah. Hal yang paling terlihat jelas dari penderita gangguan tidur ini adalah penderita membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk tertidur namun penderita juga meremehkan total jam tidurnya.


Artikel terkait insomnia
  • Memahami Seluk Beluk 'Hipnotis'
  • Bagi yang suka pertunjukan Romy Rafael, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata HIPNOTIS. Bukan hanya digunakan sebagai pertunjukkan hiburan
  • Mengungkap Berbicara Saat Tidur
  • Anda mungkin kerap menyaksikan pasangan atau anggota keluarga berbicara sendiri selagi tidur. Orang biasa menyebutnya mengigau,
  • Tips Menghindari Mimpi Buruk
  • Kamu termasuk orang yang sering sekali bermimpi buruk? mengesalkan memang jika hal ini terus menimpa kita terus menerus, padahal kita butuh tidur nyenyak.
  • Arti Mimpi Ketemu Mantan Pacar
  • Apa makna yang terkandung dari arti mimpi ketemu mantan pacar. Akankah terjadi terhadap diri agan kedepannya. Apa ada hal yang aneh?

bersodagembira via
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar