Pelayan Robot Mutakhir

Dilayani oleh pelayan pria atau wanita di restoran mungkin itu biasa. Tapi, apa jadinya jika dilayani oleh Robot? Pasti ada sensasi tersendiri saat kita menikmati makanan.

Seperti restoran unik yang berada di Harbin, propinsi Heilongjiang, Cina. Restoran ini memiliki 18 robot dengan warna berbeda yang melakukan semua pekerjaan, seperti mengantarkan tamu ke mejanya, atau memasak makanan yang bermacam-macam. Semua robot ini didesain dan dibuat oleh Harbin Haohai Robot Company. Kepala teknisi Liu Hasheng mengatakan, mereka menginvestasikan uang sebesar 5 juta Yuan (sekitar Rp 7,2 miliar) untuk restorannya dan tiap robot membutuhkan biaya sebesar 200.000 sampai 300.000 Yuan (sekitar Rp 290 juta sampai Rp 432 juta). Dengan tiap menu makanan diberi harga antara $6 sampai $10 (sekitar Rp 55.200 sampai Rp 92.000), mereka belum tentu bisa balik modal. Namun ini merupakan prestasi besar bagi perusahaan pembuat robot.

Apa yang membuat restoran di Harbin ini begitu spesial? Ketika pengunjung berada di pintu masuk, sebuah robot langsung menyambut mereka dengan mengangkat tangan kanannya dan berkata, ”Halo, Orang Bumi.Selamat datang di restoran robot,” dengan aksen robotnya. Setelah tamu memesan makanan pada seorang pelayan manusia (bukan robot), robot yang ada di dapur pun memulai pekerjaan memasaknya. Setelah makanannya selesai dibuat, makanan itu diantarkan oleh robot ke meja makan pengunjung yang memesannya. Semua robot disini dipasang dengan sensor agar bisa bergerak bebas tanpa bertabrakan dengan benda-benda atau pengunjung yang ada di restoran tersebut. Ada juga robot yang bernyanyi untuk menghibur pengunjung yang sedang makan.
Semua 18 robot dengan warna berbeda ini memiliki tinggi sekitar 1,3 meter sampai 1,6 meter, bermacam-macam ekspresi muka, dan berbicara bahasa Cina sederhana. Robot ini dikendalikan oleh staf manusia di ruang computer dan bisa bekerja selama 5 jam setelah di-charge selama 2 jam.

 Robot-robot ini sudah banyak menggantikan manusia yang bekerja di restoran di Cina. Yang pertama membuka restoran robot adalah di Jiang pada tahun 2010. Selain Cina, restoran robot lain juga berada di Restoran Hajime, Jepang, yang memiliki robot samurai sebagai pelayannya.(Odditycentral/rei)


Source - Pelayan Robot Mutakhir
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar