Pengontrol Komputer dengan Gerakan Jari

Anda ingat Kinect? Ya, Kinect adalah platform motion sensor besutan Microsoft yang cukup populer di konsol Xbox. Kinect dapat mendeteksi gerakan pengguna melalui sensor gerak yang tedapat pada kamera Kinect. Baru-baru ini muncul perangkat yang diklaim 100x lebih presisi dibanding Microsoft Kinect  yaitu Leap Motion.

Penggunaan Leap Motion ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jari di depan sensor Leap Motion.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat, Anda dapat melakukan presentasi dengan gerakan jari, pindah dari satu slide ke slide lain hanya dengan jentikan jari, canggih bukan?

Leap Motion ini dikembangkan oleh David Holz dan Michael Buckwald. Mereka mengembangkan perangkat mirip Microsoft Kinect namun diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Tujuan David Holz dan Michael Buckwald adalah menggantikan fungsi keyboard dan mouse dan memungkinkan pengguna menjelajahi komputer hanya dengan gerakan jari.

Cara kerja Leap Motion adalah dengan menciptakan ruang 4 kaki kubik interaktif yang mampu mendeteksi jari, tangan dan gerakan lengan.

Teknologi Leap Motion memang serupa dengan Kinect, namun Leap Motion ini jauh lebih canggih dan akurat hal ini karena perbedaan metode kerja yang digunakan Kinect dengan Leap Motion.

David Holz dan Michael Buckwald mengatakan bahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan bagi sistem komputer dan sistem operasi. Apa yang bisa dilakukan oleh mouse, Leap Motion dapat lakukan.

Di kantor pusat Leap Motion, terdapat beberapa demo teknologi Leap Motion berupa game Fruit Ninja yang dimainkan menggunakan Leap Motion.

Saat ini Leap Motion menerima pre-order mulai hari senin (21/05/2012) dengan harga sekitar $69 atau sekitar 600 ribuan.

Leap Motion juga menyediakan Software Development Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi atau game berbasis Leap Motion.

Source
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar