Malaysia Klaim Budaya China dan India

Malaysia memiliki sebuah daftar yang memuat segala hal yang berkaitan dengan budaya negara itu yang disebut Akta Warisan Kebangsaan Malaysia.

Ternyata selain Gordang Sambilan dan Tor-Tor yang berita pengklaimannya gencar terdengar beberapa hari belakangan ini, ada beberapa produk budaya Indonesia lain yang terdaftar dalam akta tersebut.

Wamen Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengungkapkan dalam rapat dengar pendapat di Komisi X DPR RI, ada sedikitnya empat produk Indonesia di dalam akta, yaitu gamelan, rendang, tari zapin, dan cendol.

bersodagembira.blogspot.com
Selain produk budaya Indonesia, budaya asing yang berkembang di negeri itu seperti barongsai asal China dan tari bharata asal India juga masuk ke dalam daftar.

Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas akhir-akhir ini setelah Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim mengumumkan rencana untuk memasukkan Tor-Tor dan Gordang Sambilan ke dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

Pengumuman yang dianggap sebagai klaim sepihak atas produk budaya Indonesia, khususnya Sumatera Utara, ini dirilis oleh kantor berita Bernama.

Perang kata-kata di jejaring sosial Twitter memanas antara warga Indonesia dan Malaysia, hingga akun yang diduga dimiliki oleh orang Malaysia @Malaysia_Jaya- dibajak oleh orang yang diduga adalah warga Indonesia.

Hashtag #MalaysiaMiskinBudaya pun mencuat hingga menjadi topik populer di tingkat dunia


Source
Malaysia Klaim Budaya China dan India | Malaysia Klaim Budaya China dan India | Salam kenal. Jangan lupa bergabung dengan klik like facebook kami dan following twitter untuk berlangganan update terkini gratis buat para sobat yang menyukai kabar baru @bersodagembira taste seperti | Malaysia Klaim Budaya China dan India | Malaysia Klaim Budaya China dan India
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar