Basa-Basi yang Digunakan Orang Setelah Lama Gak Ketemu

Sebelumnya sudah pernah membahas tentang basa-basi standart orang kalo gak sengaja ketemu. Kali ini, akan membahas mengenai basa-basi yang biasa digunakan orang setelah lama gak ketemu. Katakanlah ceritanya kamu lagi ngider-ngider di mall sendirian nih. Terus pas kamu mau masuk sebuah toko, tiba-tiba dari belakang kamu ada suara yang manggil-manggil. 



Kayaknya sih suara itu manggil kamu, tapi samar-samar gitu, tapi kamu gak yakin. Kamu mencoba cuek, tapi lama-lama suaranya makin jelas kalo dia nyebut nama kamu. Kamu pun menoleh ke belakang, dan disitulah berdiri temen kamu yang lama banget udah gak ketemu. Namanya aja kamu lupa. Mukanya juga ampir lupa.
Terus langsung deh. Sok-sok nanya apa kabar gitu-gitu dan dilanjutkan dengan basa-basi berikut ini.


“Gila sombong banget lo kemana aja…

Hmm. Jadi kamu sombong gitu ceritanya, karena gak pernah ngehubungi dia duluan. Padahal kan dia juga punya nomer HP kamu. Atau bahkan dia punya BBM kamu, dan juga temenan di social media. Tapi kok kamu yang sombong ya? Padahal dia sendiri juga gak pernah ngehubungin kamu duluan.. Hmmm..

Terus selama ini kamu kemana aja? Ya menjalani kehidupan kamu lah. Kok dia mau tau-tau aja sih kamu sehari-hari kemana. Emangnya dia siapa? Pacar kamu aja nanya kabar gak segitunya kok.



“Wah sekarang udah gede/kurusan/gendutan/dll ya..”

Kalo yang ini basa-basi khas om/tante yang ketemu pas lebaran doang nih. Kamu sendiri juga gak tau silsilah keluarganya gimana, yang jelas itu judulnya om/tante kamu aja deh. Abis bilang “Wah udah gede amat ! Om berasa tua nih jadinya”, biasanya dilanjutin asal nanya “Udah kelas berapa” padahal kamu baru lulus kuliah, dan tentu saja pertanyaan andalan, “Mana pacarnya, kok gak dibawa” dan pamungkasnya “Kapan kawin”.

Kalo temen, biasanya dia bakal ngomentarin perubahan bentuk tubuh kamu. “Kok lo kurusan ya?” sama “Subur banget lo sekarang hahaha” yang kamu tanggepin dengan “Haha iya nih” sambil senyum-senyum maksa.



“Dimana lo sekarang ?”

Setelah puas mengomentari penampilan kamu, hal selanjutnya yang dia pengen tau adalah pekerjaan/sekolah kamu sekarang. Mungkin di lapisan luar, pertanyaan ini ya cuma buat basa-basi aja, nambah koneksi gitu. Tapi sebenernya, pertanyaan ini memiliki maksud terselubung!

Dengan bertanya duluan, dia bisa menentukan perbedaan kasta antara dia dan kamu. Kalo misalnya kamu sekolah di universitas yang dianggep kurang oke/perusahaan yang kurang kedengeran namanya, ati-ati dia mau sombong tuh.

Jadi sebaiknya sebelom ditanya, kamu tanya duluan. Terus balasan kamu nanti tergantung dari kuliah/kerja dimana temen kamu tersebut. Kalo kira-kira kastanya dibawah kamu, kamu bisa jujur. Tapi kalo kastanya diatas, kamu tipu-tipu sedikit lah, misalnya kalo kamu pengangguran, bilang aja kamu punya bisnis sendiri.



“Masih sama si …. gak ?”

Kalo yang disebut adalah nama pacar kamu sekarang, bersyukurlah kawan.

Kalo yang disebut nama mantan kamu, tapi kamu udah punya pacar lagi, jawabnya dengan kemenangan.

Kalo yang disebut nama mantan kamu dan kamu belom move on, pulangnya hati-hati ya, jangan mampi beli baygon dulu.


“Makin cantik aja deh kamuu..”

Ini biasanya cewe-cewe nih kayak gini. Terus dibalesnya “Eh kamu tuh yang makin cantik..” Terus cipika cipiki gitu deh.

Kalo kamu cowo, dan temen kamu cowo basa-basi kayak gini, gaplok aja.

Terus setelah selese basa-basi, nanti temen kamu bakal minta nomer HP/Pin BB/WhatsApp/Line dll, atau ngasi nomernya dia. Abis itu dia bilang “Kapan-kapan ngumpul lah, sama anak-anak.” Anak-anak disini juga gak jelas maksudnya siapa dan ujung-ujungnya dia gak bakal ngajak kamu ngumpul juga sih.

Kamu kalo ketemu orang lama gak ketemu, basa-basinya kayak gimana? Kalo beda sama yang diatas, coba di share di comment.


Basa-Basi yang Digunakan Orang Setelah Lama Gak Ketemu
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar