Sony Rx100, Kamera Saku Berfitur Dslr

Produsen elektronik asal Jepang, Sony, memperkenalkan salah satu produk kamera digital terbaru di Jakarta, Jumat (14/9). Kamera yang diberi nama Sony CyberShot DSC-RX100 ini memiliki fitur yang sebelumnya tak pernah hadir di kamera saku. Meskipun punya tampilan yang ramping dan mudah dibawa, Sony mengklaim produknya memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kamera DSLR.

"Kamera ini ditujukan bagi mereka yang mencari kamera ke-2 setelah DSLR. Karena biasanya DSLR berat untuk dibawa travelling, Sony menjawab kebutuhan ini lewat RX100," kata Ahmad Irfan Rinaldi, Product Marketing Sony CyberShot.

Fitur andalan yang paling ditonjolkan oleh Sony adalah sensor Exmor CMOS tipe 1.0 (13.2 x 8.8mm) dengan kisaran efektif 20.2 megapiksel.

Sensor tersebut merupakan yang pertama di dunia hadir di kamera saku. Fitur yang dikembangkan khusus oleh Sony ini memiliki area sekitar empat kali lebih besar dari imager tipe 1/2.3 pada kamera-kamera point-and-shoot biasa.

Dengan demikian, RX100 mampu menangkap jauh lebih banyak cahaya dibanding kamera sensor rendah, detail tingi, dan dengan gangguan yang sangat rendah.

Sensor yang lebih besar berpasangan dengan lensa Carl Zeiss Vario-Sonnar T yang sangat terang dengan rentang pembesaran optikal 3.6x. Bukaan F1.8 yang luas memungkinkan lebih banyak cahaya untuk melengkapi daya pemecahan sensor Exmor CMOS tipe 1.0 yang besar.

Seperti halnya optik berkinerja tinggi pada DSLR, lensa kamera ini dilengkapi tujuh bladedcircular aperture. Sehingga lebih mudah menghasilkan efek "bokeh".

Lensanya juga dilengkapi dengan elemen kaca Advanced Aspherical (AA) yang berkontribusi pada dimensi kompak kamera tanpa mengorbankan kinerja optik atau resolusi.

Jangan lupakan fitur-fitur canggih lainnya seperti ISO 25600, speed burst shooting hingga 10 fps, serta pilihan mode auto dan manual focus.

Mereka yang hobi membuat gambar kreatif juga akan dimanjakan dengan mode Picture Effect yang mencakup Toy Camera, Partial Colour, Pop Colour, HDR Painting, Miniature, Illustration, Watercolour dan lain-lain.

Memang, semua fitur canggih ini tak bisa ditebus dengan harga murah. Sony menyebutkan bahwa kamera yang akan tersedia di toko-toko Indonesia mulai 17 September 2012 ini dibanderol seharga Rp 6,9 juta.

Meskipun cukup mahal, Anda yang mengerti akan dunia fotografi mungkin merasa harga ini sudah sangat wajar, mengingat adanya berbagai fitur canggih di RX100. | ghiboo.com

Sony Rx100, Kamera Saku Berfitur Dslr
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar