Membuat CV Dan Kartu Nama Via Digital

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) biasanya berbentuk kertas berisikan data pribadi, riwayat pendidikan, pekerjaan dan prestasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, CV kini dapat disajikan dalam bentuk digital dengan tampilan yang menarik.


Bila ingin membuatnya, aplikasi Re.vu bisa menjadi jawaban. Re.vu merupakan layanan presentasi daring yang menghadirkan resume dan CV dengan tampilan timeline dan info grafis. Cara membuatnya cukup mudah. Anda bisa mengakses situs Re.vu dan mendaftar untuk membuat akun, kemudian menekan tombol create your page.
Pertama, akan muncul tentang penjabaran tentang diri anda. Di situ anda bisa mendeskripsikan diri anda, kemampuan dan pengalaman. Setelah itu, di bagian bawahnya akan terlihat langsung beberapa grafik yang mewakili anda. Anda juga bisa memasukan kutipan favorit maupun pendapat rekan tentang anda. Setiap pengalaman bekerja dan lainnya akan mewakili warna - warna yang menarik dan tampil dalam bentuk beragam grafik histogram dan grafik pie. Semakin banyak pengalaman kerja, semakin banyak pula warna yang muncul.

Bila anda sudah memiliki data di Linkedin, hal itu akan lebih mudah. Anda mengoperasikan secara otomatis ke Re.vu dan info grafis ditampilkan sesuai dengan template keinginan anda. Hasilnya, profil dan kemampuan anda akan muncul dalam profil dan grafik serta warna - warna yang menarik. Jika selama ini CV berbentuk foto close-up yang membosankan, di situ anda bisa menampilkan foto anda dengan bebas.

Tampilan CV yang ditawarkan Re.vu menarik perhatian Asmara Letizia Wreksono, 34. Penyiar salah satu radio swasta yang akrab dipanggil Miund itu sudah tiga bulan menggunakan aplikasi tersebut setelah melihat tampilan CV temannya. "Visualisasi CV begitu menarik. Tak perlu banyak membaca seperti CV pada umumnya. Grafik ini tampil menarik memudahkan untuk membaca. Cara buatnya pun mudah," ungkap Miund.

Selain CV, dalam dunia profesional, kartu nama menjadi salah satu ornamen penting dalam menjalani aktivitas. Saat ini tersedia kartu nama digital yang bisa anda bagi (share) dengan cepat dan praktis. Salah satunya Kwartu.com, aplikasi yang baru diluncurkan developer lokal Indonesia.

Kartu nama digital itu berjalan di sistem operasi Android. Kwartu berguna untuk membebaskan diri dari hiruk pikuk kartu nama biasa. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama, anda harus mengunduh aplikasi gratis itu di Google Play atau situsnya. Setelah itu, anda tinggal mengisi identitas kartu anda.

Anda bisa memodifikasi sendiri kartu anda, font, warna, dan latar belakang hingga bisa menunjukkan kepribadian anda. Kartu nama digital pun siap berbagi dengan teman dan kolega anda. Dengan kartu nama digital tersebut, anda tidak perlu khawatir rekan atau kolega lupa atau menghilangkan kartu nama anda. Pun anda tidak perlu lagi repot - repot mengatur ratusan kartu kolega anda dan menempatkannya ke beberapa tempat yang aman.

Membuat CV Dan Kartu Nama Via Digital
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar