Spesies Katak Terbang di Vietnam

Ahli biologi Australia bersama tim dari Vietnam baru saja mendapat penemuan menakjubkan. Mereka menemukan seekor katak yang dapat berpindah kurang dari 100 km. Caranya berpindah itu pun mirip dengan aktivitas terbang.

Katak warna hijau muda ini ditemukan di suatu tempat berjarak 90 km dari Ho Chi Minh City, Vietnam. Ia mampu meloncat sejauh 20 m di antara pepohonan dan hanya turun ke tanah saat bertelur. Katak ini dinilai ideal berkembang di daerah pepohonan yang dikelilingi tumbuhan padi dan lahan pertanian.

Peneliti Dr Jodi Rowley mengaku terkejut menemukan spesies unik seperti itu dekat dengan daerah padat penduduk. Kini Jodi memberikan nama ibunya, Helen, pada sang katak berukuran 10 cm itu. Menyandang nama Latin Rhacophorus Helenae, Katak Pohon Helen ini menjadi penemuan baru dari penelitian yang dilakukan sejak 2009.

"Dalam proses survei itu kami menemukan banyak katak hijau dengan perut putih beterbangan," ucap ahli biologi dari Museum Australia ini. "Demi menemukan spesies katak yang sebelumnya tidak diketahui, saya harus mendaki pegunungan terjal, air terjun dan menelusuri vegetasi hutan."

sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar