Sukamart, Toko Kelontong Online dari Sumitomo

Kali lain sabun, pasta gigi, shampoo atau perlengkapan mandi Anda lainnya habis, manakah yang Anda pilih? Pergi ke warung terdekat untuk membeli perlengkapan tersebut atau memilih untuk pergi ke internet dan membeli kebutuhan Anda tersebut secara online? Pilihan yang kedua sekarang ini tersedia bagi Anda yang terlalu malas untuk melakukan pilihan pertama.

PT. Sumisho E-commerce Indonesia, perusahaan gabungan dari Sumitomo Corporation dan PT. Sumitomo Indonesia, Rabu kemarin mengumumkan peluncuran Sukamart. Sukamart merupakan sebuah situs e-commerce yang menawarkan lebih dari 1.000 produk rumah tangga sehari-hari untuk masyarakat Indonesia.
Produk yang ditawarkan oleh Sukamart ini merupakan produk-produk yang bisa Anda temui di toko kelontong atau retail semacam Alfamart atau Indomaret di dekat rumah Anda. Perlengkapan pribadi, makanan, minuman, perlengkapan rumah dan dapur, perawatan kesehatan, dan perawatan bayi merupakan kategori-kategori produk yang disediakan oleh Sukamart. Sukamart mengaku menyediakan produk-produk tersebut dengan layanan yang berkualitas dan harga yang bersaing.

Layanan untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari ini juga disediakan oleh Carrefour beberapa waktu yang lalu. Bedanya, Carrefour dalam layanan yang disebut Click and Drive ini, pengguna masih diharuskan untuk datang ke swalayan Carrefour untuk mengambil barang-barang yang telah mereka pilih sebelumnya secara online. Sukamart memberikan kemudahan lebih karena barang-barang yang dibeli oleh pengguna, akan dikirim dalam waktu satu sampai dua hari kerja.

Nah, di sinilah yang menurt saya menjadi kelemahan Sukamart. Dengan penetrasi yang luar biasa, toko kelontong atau retail semacam Alfamart dan Indomaret mungkin saja ada persis di sebelah rumah Anda. Harusnya Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tidak terkena macet untuk pergi ke toko kelontong terdekat membeli kebutuhan sehari-hari. Waktu satu sampai dua hari yang dibutuhkan oleh Sukamart untuk pengiriman, terasa lama jika dibandingkan dengan waktu setengah sampai satu jam yang diperlukan untuk pergi ke toko kelontong terdekat.

Sukamart sendiri tetap optimis dengan menargetkan penjualan senilai 100 miliar Rupiah. Menurut Taketo Kokubo, Presiden Direktur PT Sumisho E-Commerce Indonesia, produk yang bervariasi, harga yang bersaing, mudah digunakan, serta proses pengiriman yang cepat dan terpercaya menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sukamart untuk mencapai target tersebut.

Sukamart juga masih mengembangkan bisnisnya antara lain dengan memperluas kategori produk dan meningkatkan jumlah produk dan membangun gudang penyimpanan di luar Jakarta untuk memperluas jaringan pengiriman. Untuk metode pembayaran, selain dengan transfer yang tersedia sekarang ini, Sukamart juga akan menyediakan metode cash on delivery dalam minggu-minggu ini. Selanjutnya, Sukamart juga berencana untuk menerima pembayaran kartu kredit, internet banking, dan metode pembayaran lainnya yang memudahkan.

Jadi, siapkah Anda untuk membeli pasta gigi secara online?

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar