Makan Sambil Minum Bikin Kamu Melar

Apakah Anda memiliki kebiasaan minum disela-sela santap makan an? Sejumlah pakar kesehatan memperingatkan bahwakebiasaan semacam itu bisa mengacaukan sistem pencernaan yang memicu fluktuasitingkat insulin secara signifikan.


Banyak orang berpikir bahwa makan sambil minum bisa mempercepat proses pencernaan. Nyatanya, melakukan dua aktivitas dalamjeda waktu yang sama justru berpotensi memperburuk proses cerna.

Seorang konselor kesehatan asal India, Shonali Sabherwal, mengatakan bahwa ketika makan, lambung akan melepaskan cairan untukmencerna makanan. Dan, asupan minum di sela-sela makan justru akan mengurangi produksi cairan cerna tersebut.

Berkurangnya produksi cairan cerna jelas akan membuat proses pencernaan terhambat. Makanan tak akan tercerna dengan sempurna.

Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau dua air selama makan dapat mengganggu pencernaan. "Lebih baik minum sebelum makan atau dua jam setelah makan. Ini sangat membantu penyerapannutrisi," ujar Sabherwal, dikutip Times of India. 

Untuk menghindari minum di sela-sela makan,pilih makanan yang tak meningkatkan hasrat minum. Hindari makan terlalu pedas atau makan. Kunyah makanan dengan baik sebelum menelannya, dan jangan terburu-buru.

Selain sistem pencernaan sehat, tidak minum selama makan juga menunjang terciptanya berat badan ideal.
"Minum air saat makan juga dapatmenyebabkan lonjakan tingkat insulin, sama seperti ketika Anda mengonsumsi makanan berkadar glikemik tinggi. Dan semakin banyak insulin yang dilepaskan kealiran darah, semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh." 


Makan Sambil Minum Bikin Kamu Melar
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar